Tuesday, September 25, 2012

Sanobar-i

Kata Sanobar berasal dari nama sebuah pohon yang sangat berharga. Pohon ini pertama kali disebut dalam Alkitab untuk membangun Bait Allah. Raja Salomo meminta Kayu Aras dan Sanobar kepada raja Hiram. Raja Salomo membangun pintu besar Bait Allah dengan papan dari pohon Sanobar. Setelah Salomo selesai mendirikan rumah itu, ia melapisi dinding rumah itu dari dalam dengan papan kayu aras; dari lantai sampai ke balok langit-langit dilapisinya dengan kayu aras, tetapi lantai rumah itu dilapisinya dengan papan kayu sanobar (I Raja-raja 6:15). Memang ada empat pohon yang dipakai raja Salomo untuk membangun Bait Allah, tetapi pohon Aras dan Sanobar-lah yang paling banyak digunakan.
Sanobar, dalam bahasa Ibrani berosy, berotim. pohon ini dari jenis Pinus  yang daunnya selalu hijau, tumbuh di bukit-bukit Palestina dan Libanon, sebagai lambang kesuburan (Yes. 41: 19; 55:13).  Kayunya baik untuk bangunan, digunakan untuk Baik Salomo (I Raja-raja 5:8), kapal-kapal (Yehezkiel 27:5), alat-alat musik (2 Sam. 6:5). Pohon Sanobar yang menghijau (Hosea 14:8) mungkin Pinus pinea, bijinya dapat dimakan.
Kayu jenis Pinus/ Cemara (Cupressus sempervirens) mempunyai dedaunan berwarna hijau tua dan cabang-cabang yang tegak ke atas, agak mirip cabang-cabang poplar Lombardi. Rata-rata tingginya 9 sampai 15 m, tetapi kadang-kadang bisa mencapai 24 m. Pinus/ Cemara umumnya dibudidayakan di seluruh Palestina; beberapa spesimen ditemukan tumbuh liar di Gilead, Edom, dan lereng-lereng G. Lebanon. Kayunya memiliki warna kemerah-merahan yang marak, baunya wangi, dan berdaya tahan tinggi. Di Yesaya 41:19, Allah berjanji bahwa pohon-pohon yang biasanya tumbuh di tanah yang subur juga akan Ia buat tumbuh subur di daerah-daerah gurun, dan dalam sebuah nubuat tentang keadaan Zion yang ditinggikan dan makmur di masa depan, pohon cemara bersama pohon sanobar dan berangan akan digunakan untuk membuat indah tempat suci Allah (Yesaya 60:13).

Karena itu,  menunjuk dari arti dan keberadaan pohon Sanobar dapat disimpulkan bahwa ia adalah pohon yang cukup tahan lama dan memberikan kesegaran ditengah-tengah kondisi dan cuaca yang tidak menentu.
 Jadi, kalau mau berilah nama anak Anda, gubung Anda atau kebun Anda yang indah dengan nama Sanobar. Itu pasti berkesan. 


No comments: