Tuesday, June 3, 2014

Cari Yang Unik dan Berkualitas? Dong Ayok Ke Gramedia Lombok # REVIEW OF GRAMEDIA LOMBOK COMPETITION


Untuk penerbit dan toko buku bergengsi seperti Gramedia, sungguh membanggakan kehadirannya di Lombok. Sudah sejak lama saya sangat ingin ‘dekat’ dengan Gramedia, sehingga keberadaannya sekarang ini membuat saya dan pecinta (buku) sastra lainnya tersanjung. Seperti pulang kampung, begitulah saya dan beberapa teman menjelajah Gramedia jika keluar kota untuk mendapatkan buku-buku baik yang diinginkan. Namun sejak bulan Mei 2013 Gramedia Lombok telah berhasil membawa saya ‘pulang kampung’ selamanya. Bagaimana tidak,
Lombok yang notabene kekurangan toko buku, kehadiran Gramedia menjawab persoalan ini. Bahkan untuk sampai ke Gramedia Lombok pun sangat mudah karena tempatnya yang strategis. Penampakan Gramedia yang lebih tinggi dari jalan umum ini, menjadikan pengunjung tidak kesulitan menemukanya di Jalan Pejanggik. Apalagi perpaduan warna merah, biru dan putih membuatnya lebih menonjol dari gedung lain. 

Ketika memasuki Gedung Gramedia Lombok, mata Anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang tersusun rapi dan menggemaskan karena disana terpampang accesories komputer, dompet, tas, agenda, alat tulis kantor, diary, boneka dan sepatu. Dengan kualitas dan keunikan yang disuguhkan, bersiplah untuk menyantapnya. Kunjungi etalase-etalase yang tersedia karena siapa tahu ‘jodoh’ Anda sedang bertengger di sana. Dideret tengah, disediakan pula pos untuk bisa mendengar audio cara membaca ayat Al-Quran. Lho, toko buku kok isinya accesories? Itu menjadi pertanyaan saya juga. Lantai satu tampak mewah dan rapi, namun sebagai toko buku besar sangat disayangkan karena pemandangan pertama Anda bukanlah buku yang menjadi identitas Gramedia. Jika dipandang baik oleh Gramedia Lombok, barang di lantai satu bisa change dengan buku di lantai dua. 

Keunikan dan koleksi yang lengkap ini adalah kekuatan dari Gramedia Lombok dimana beraneka ragam buku yang ditemukan di lantai dua seperti biografi, sejarah, resep masakan, kumpulan cerpen, puisi, komedi, novel, pendidikan, multimedia, dan Infotainment. Hal ini tentunya sebanding dengan harga. Ketika saya bertanya ke beberapa mahasiswa mengakui bahwa harga barang-barang di Gramedia Lombok tergolong mahal. Hanya, kelemahannya adalah jenis buku pendidikan masih minim. Animo mahasiswa terhadap kebutuhan akan buku pendidikan tidak diimbangi dengan ketersediaan buku untuk berbagai jurusan (seperti: keperawatan, kimia, biologi), sehingga secara otomatis mengurangi gairah untuk berkunjung ke Gramedia Lombok. Selain itu, kebanyakan barang di lantai satu tidak dicantumkan harga. Sehingga mengganggu proses belanja, karena pengunjung harus terus-menerus bertanya harga kepada karyawan, dan itu memakan waktu dan menambah kebosanan baik pengunjung maupun karyawan yang terus mendapat pertanyaan dari pengunjung. 

Meskipun barang-barang tergolong mahal, namun ide yang sangat baik telah dilakukan juga oleh pihak Gramedia Lombok dengan memberikan potongan harga (discount) besar-besaran bagi member Gramedia, bahkan untuk menjadi member Anda hanya perlu berbelanja sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Yang tidak kalah menariknya adalah bahwa Gramedia Lombok, tidak hanya menarik perhatian masyarakat dengan menghadirkan segala jenis buku yang baik dan berkualitas, tetapi juga mengadakan lomba-lomba seperti Lomba mewarnai, melukis, selfie, menulis dan kompetisi lainnya serta pameran lukisan. Hal ini yang menjadikan Gramedia Lombok adalah ‘milik’ masyarakat karena siapapun bisa berkreasi sesuai dengan bakatnya.


2 comments:

Unknown said...

bukunya bagus-bagus, khususnya tentang fotografi yg lengkap, jempol da buat gramedia

Unknown said...

Dong ayo ke Gramedia kalau gitu gan hehe...